5 MANFAAT KESEHATAN DARI TANAMAN FLAX

Tanaman Flax biasa dimanfaatkan sebagai sumber linen, bahan pembuat kapal, alat panah, body armor, dan yang paling banyak adalah sebagai sumber makanan. Bagian tanaman flax yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah agan bijinya. Dan dikenal sebagai Flaxseed. Tanaman ini memiliki kandungan omega 3,vitamin B1, tembaga, mangan, serat, magnesium, fosfor, serta selium. Dan berikut ini manfaat dari tanaman flax bagi kesehatan :

  1. Kesehatan Jantung
    Ada beberapa yang mengakatan bahwa flaxseed dapat meningkatkan kandungan Asam omega 3 pada darah. Adanya kandungan omega 3 yang ada pada biji tanaman flax mampu membantu sistem kardiovaskular. Asam omega 3 juga mampu menjaga pembuluh darah yang mengalami kerusakan.
  2. Menjaga tekanan darah dan kolesterol agar tetap stabil
    Di beberapa studi menunjukan mengkonsumsi flaxseed secara rutin bisa menurunkan Kolesterol LDL dari HDL. Hal ini bukan tidak mungkin, karena seperti yang kami jelaskan diawali bahwa flaxseed merupakan bahan makanan yang kaya akan serat. Asam omega-3 pada flaxseed juga mampu membantu mengatur tekanan darah pada seseorang yang memiliki diagnosa hipertensi. Namun masih membutuhkan penilitian lebih untuk membuktikan hal ini.
  3. Melancarkan proses pencernaan dalam tubuh
    Flaxseed yang kaya akan serat ini, juga sangat baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat yaang terdapat pada flaxseed yaitu mucilaguinous, yang membantu perut cepat kosong da meningkatkan penyerapan nutrisi.
  4. Antioksidan yang baik

Andtioksidan dalam tubuh mampu mengatasi berbagai masalah dalam tubuh. Seperti pasien diabetes tipe 2, asma, dan obesitas. Dan kandungan Andtioksidan ini bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsi flaxseed

4. Gejala Post Menopause
Adanya Enterolactone dan secoisolariciresinol diglucoside merupakan bahan penyemuh potensial selama masa perimenopousal dan postmenopausal. Kandungan ini juga baik untuk proses pergantian hormon. Sehingga dapat disimpulkan bahwa flaxseed bisa mengatasi gejala monopause dini.
Walaupun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata flaxseed juga memiliki kandungan yang mungkin dapat beresiko bagi kesehatan. Beberapa orang sering merasa ada masalah pada perut seperti perut kembung atau gas dalam perut setelah mengkonsumsi flaxseed. Hal ini dapat dihindarkan dengan cara mengkonsumsi flaxseed dalam porsi kecil untuk pertama kalinya. Dan untuk ibu hamil sebaiknya mengkonsultasikan dulu dengan dokter sebelum mencoba mengkonsumsi flaxseed dalam porsi yang besar.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>