Masjid Megah Dan Indah Di Kota Bogor

Masjid Agung Bogor

Wisata religius tampaknya telah menjadi kegiatan bersama masyarakat Indonesia. Kota-kota besar dengan bangunan keagamaan yang bernilai sejarah kerap menjadi tujuan wisata religi. Seperti kota Bogor, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata religius seperti Masjid Agung Bogor.

Masjid Megah Dan Indah Di Kota Bogor

Nah Raincakers, seperti yang telah kita tulis sebelumnya tentang Masjid Agung Bogor. Jadi sekarang saatnya bagi kita untuk membahas Masjid Agung Bogor secara menyeluruh, yang juga memiliki sejarah panjang dalam sejarah umat Islam di Bogor. Jual Kubah Masjid Di Bogor

Masjid Agung Bogor terletak di daerah pasar Anyar tepatnya di Jalan Dewi Sartika No.1A, Desa Pabaton, Kabupaten Bogor Tengah. Berdasarkan sejarahnya, Masjid Agung Bogor berdiri di area pasar dengan luas 4.000 meter persegi dan luas bangunan 2.500 meter persegi, tanah pemerintah kota Bogor.

Pembangunan Masjid Agung Bogor dimulai pada tahun 1987 dengan keinginan ulemen Kota Bogor untuk memiliki masjid di tengah kota. Selain itu, juga berdasarkan kekhawatiran para ulama Kota Bogor yang melihat lebih banyak tempat ibadah selain masjid. Atas dasar ini, pindahkan penggagas pembangunan masjid seperti KH. Hasan Basri (alm), H. Bahrul Efendi (ayah dari Dr. H. Aqiq Daruhtaqiq) dan H. Ja’far Balfas.

Alhamdulillah, keinginan dan harapan para ulama menerima tanggapan yang baik dan positif dari tokoh-tokoh di Bogor, termasuk H.H. Jamu, yang merupakan direktur salah satu bank. Setelah dana awal dikumpulkan dan cocok untuk memulai pembangunan, proposal untuk pembangunan masjid diajukan kepada Walikota Bogor, yang dimiliki oleh Ir.H. Muhamad.

Niat baik ini akhirnya menerima sambutan yang luar biasa. Perjanjian walikota dilakukan dengan pencarian tanah oleh dewan kota Bogor. Setelah melalui beberapa proses, lokasi pembangunan masjid disepakati bersama, sehingga panitia pembangunan Masjid Agung Bogor terbentuk.

Terletak di area pasar Anyar (sebelumnya bernama pasar Kebon Kembang) yang membuat hiruk pikuk aktivitas di Masjid Raya Bogor cukup padat. Masjid Agung Bogor juga berkembang dengan periode pertumbuhan yang baik. Banyak sumber pendapatan diekstraksi dari potensi masjid, memungkinkan untuk perbaikan dan penerapan manajemen modern.

Sekarang masjid besar Bogor sedang direnovasi dan direvitalisasi. Perbaikan yang dimulai pada akhir 2016 sejauh ini belum selesai karena beberapa kendala. Pemerintah kota Bogor juga meminta maaf kepada para jamaah yang kecewa dengan keterlambatan memulihkan masjid.

Mereka juga fokus pada Masjid Agung Bogor yang akan selesai pada 2019. Demikian Raincakers, semoga Masjdi Agung Bogor ini bisa cepat dan menghibur para jamaah saat menghadapi Sang Pencipta.

Masjid di Kuil Pan Kho Bio

Tidak berlebihan apakah biara ini disebut sebagai simbol toleransi antara komunitas agama.

Ya, meskipun identik dengan tempat ibadah Cina, tampaknya kuil yang disebut Mahabrahma Vihara juga memiliki tempat ibadah bagi umat Islam.

Biasa disebut Kuil Pan Kho Bio, biara ini memiliki masjid.

Berlokasi di Jalan Roda, Kampung Pulo Geulis, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, keberadaan mushalla di tempat pemujaan orang Tionghoa bukan tanpa alasan.

Masjid Al Mustofa

Pada abad ke-17, sebuah masjid berdiri kokoh di daerah Kota Bogor.

Tubagus Mustofa Bakri, seorang tokoh penyebar agama Islam dari Banten, mendirikan masjid pada tahun 1728.

Masjid itu dinamai Al-Mustofa oleh penduduk setempat untuk mengenang perjuangan Tubagus Mustofa dalam menyebarkan Islam di Bogor.

Masjid ini dibangun sekitar abad ke-17 oleh seorang tokoh Muslim dari Banten, yang namanya kemudian digunakan sebagai nama masjid, “kata Mukti Natsir, seorang administrator masjid yang juga mengajar Tubagus Mustofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *