Ragam Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Banyak orang menggunakan Temulawak, baik Temulawak asli dan dalam bentuk krim, sebagai obat anti-inflamasi dan agen penyembuhan luka. Apa manfaat Temulawak yang telah dibuktikan secara ilmiah? Setelah mengecek.

Apa itu Temulawak?

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang menyerupai kunyit. Tanaman dengan nama Latin Curcuma xanthorrhiza biasanya memiliki bentuk silinder dengan diameter 6 cm.

Ragam Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan,

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Root yang dimiliki adalah root rimpang.

Rimpang adalah batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga dikenal sebagai umbi atau batang. Dari semua jenis rimpang temulawak, rimpang tanaman ini adalah yang terbesar dari tanaman lainnya.

Rimpang temulawak terdiri dari rimpang utama dan anak-anak anjing. Rimpang induk berbentuk bulat seperti telur dan berwarna kuning gelap, sedangkan bagian dalamnya berwarna oranye kecoklatan.

Rimpang yang lebih kecil kedua berasal dari rimpang utama ini dan tumbuh menyamping. Biasanya sekitar 3 hingga 7 buah.

Awalnya, Curcuma xanthorrhiza tumbuh di banyak hutan, terutama di hutan jati, bersama dengan jenis temuan lainnya. Tanaman ini biasanya tumbuh di padang rumput dan lahan kering Alang Alang. Tapi sekarang Temulawak sudah umum di dataran tinggi.

Bahan dan senyawa kimia dalam Temulawak

Rimpang Curcuma mengandung curcuminoids, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa dan mineral. Pati merupakan bahan terbesar dalam rimpang temulawak. Pati biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung curcuminoids.

Manfaat Temulawak untuk kesehatan

Curcuma xanthorrhiza dapat digunakan sebagai obat, aroma makanan, minuman dan pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Keunggulan Temulawak sebagai obat telah lama dikenal di dalam dan luar negeri. Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari Temulawak:

1. Mengatasi masalah pada sistem pencernaan

Manfaat pertama Temulawak adalah merangsang produksi empedu di kantong empedu. Tentu saja ini membantu pencernaan dan metabolisme makanan di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, menurut para ahli, Temulawak juga berguna untuk mengatasi kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta pasien dengan radang usus untuk mengkonsumsi Temulawak setiap hari. Hasilnya, kelompok pasien ini mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat daripada kelompok pasien yang tidak mengonsumsi Temulawak.

2. Atasi arthrosis

Manfaat lain dari Temulawak, yang membantu pasien dengan osteoarthritis. Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif di mana sendi menjadi nyeri dan kaku.

Ini juga telah dibuktikan dalam jurnal yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Majalah tersebut menunjukkan bahwa efek Temulawak hampir sama dengan ibuprofen (penghilang rasa sakit) pada pasien osteoartritis.

3. Cegah dan bantu mengobati kanker

Meskipun sangat sedikit penelitian masih tersedia tentang manfaat Temulawak dalam pengobatan kanker, beberapa ahli percaya pada efektivitas tanaman ini. Temulawak dapat bermanfaat untuk mengobati kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Manfaat Temulawak didukung oleh penelitian tahun 2001 yang menemukan bahwa Temulawak dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker prostat.

Para peneliti di University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan herbal dapat menghentikan pertumbuhan kanker berkat antioksidan yang ditemukan dalam obat-obatan herbal, termasuk Temulawak.

4. Obat antiinflamasi

Temulawak mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 dan menyebabkan peradangan. Karenanya, kandungan antiinflamasi yang dikandungnya membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan di tubuh, seperti. B. Artritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *