Wisata Religi Ke Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Cikarang, tempat penulis telah menjadi bagian dari warganya selama belasan tahun. Cikarang telah menjadi salah satu kota pendukung di ibu kota Jakarta, dengan kawasan industri yang tersebar di sekitar kota ini hingga disebut sebagai kota dengan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Maraknya kawasan industri, yang kemudian menggerakkan perekonomian Kabupaten Cikarang dan Kabupaten Bekasi di provinsi Jawa Barat.

Wisata Religi Ke Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Sebelum nama Cikarang digunakan, wilayah Cikarang terdiri dari kecamatan Cibitung dan Lemah Abang. Daerah itu kemudian digabung dengan nama Cikarang: utara, selatan, timur, barat dan pusat kabupaten Cikarang. Kompleks pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri terletak di Kabupaten Cikarang Tengah.

Cikarang bukan hanya rumah bagi berbagai kawasan industri, tetapi juga dipenuhi dengan masjid dan ruang sholat, karena Kabupaten Bekasi memang ditargetkan sebagai distrik Islam. Selain itu, Masjid Masjid dan Mushola Mushola di wilayah Cikarang akan menjadi salah satu topik utama di blog ini. Untuk posting ini, saya akan mulai dengan Masjid Agung Almukarromah Cikarang.

Lokasi Masjid Agung Almukarromah Cikarang

Lokasi Masjid Agung Almukarromah Cikarang Cikarang tidak jauh dari Pasar Baru Cikarang dan Sentara Grosir Cikarang (SGC). Anda dapat mencapai dua tempat ini dalam beberapa menit berjalan kaki. Lokasi masjid juga tidak jauh dari terminal Cikarang yang baru, yang juga berada dalam jarak berjalan kaki.

Namun, karena lalu lintas hanya satu arah, Anda harus membawa kendaraan Anda dari terminal Cikarang yang baru melewati pasar lama menuju SGC Mall dan kemudian kembali ke terminal. Masjid Agung Almukarromah Cikarang berada di sisi kanan jalan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Google Map berikut.

Seperti namanya, masjid ini cukup besar. Dilengkapi dengan dua kursi di bagian depan (sisi timur) dan di sisi masjid (sisi selatan), kedua kursi sudah dilapisi keramik untuk mengantisipasi jamaah yang sedang booming saat sholat Jum’at dan pada dua hari libur. Tempat parkir yang dibangun dengan Konblok juga cukup luas dan memiliki petugas parkir.

Tempat-tempat mencuci di masjid ini dipisahkan antara tempat mencuci untuk pria dan wanita. Di sebelah masjid adalah Taman Pendidikan Alquran untuk anak-anak.

Direncanakan bahwa masjid juga akan membangun gedungnya sendiri untuk Taman Kanak-kanak Islam dan Sekolah Dasar Islam Terpadu di tanah terbuka di sebelah masjid, seperti yang ditunjukkan pada papan pengumuman yang dipasang di sana. Semoga itu segera terwujud.

Arsitektur Masjid Agung Almukarromah Cikarang

Masjid Agung Cikarang Almukarromah menggabungkan budaya nusantara, Timur Tengah dan arsitektur bangunan modern. Bentuk atap masjid dalam bentuk piramida (joglo) telah menjadi warisan budaya asli nusantara sejak zaman Majapahit.

Sementara kubah dipasang di atap, itu tentu saja merupakan ciri khas gaya masjid Timur Tengah.

Kubah biru, yang sedikit lebih lebar di bawah atap, memberi masjid nuansa manis dan feminis. Sentuhan modern dapat dilihat pada ornamen di kubah di atap masjid dan kubah di ujung menara. Kubah terdiri dari elemen-elemen kecil yang kemudian dirangkai menjadi bentuk mosaik yang unik dan indah.

Bentuk bangunan masjid dengan atap joglo, namun dikombinasikan dengan kubah yang digunakan di Almukarromah Cikarang, Masjid Agung Cikarang, memang tampaknya menjadi tren untuk bangunan masjid baru di tanah air. Seolah-olah dia tidak ingin kehilangan budaya asli, tetapi terus menggunakan kubah, yang telah menjadi ikon bangunan masjid universal.

Informasi lainnya

Hampir seluruh area masjid adalah area keramat, sepatu hanya bisa digunakan di tempat parkir, sisa sepatu harus dibuka. Tidak perlu khawatir, ada perawatan sepatu dan ada juga anak kecil yang menawarkan semir sepatu dan sandal dengan harga pantas.

Ketika tempat parkir di Masjid Pekarang penuh, ada tempat parkir di luar pagar yang telah disiapkan sebagai tempat parkir tambahan. Sejarah, data teknis (ukuran, biaya pengembangan, waktu pengembangan, dll.) Tidak diperoleh dari penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *